RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jenjang
pendididkan : SMA
Kelas/semester : XI/II
Alokasi Waktu : 6 JP X 35 menit (2 Minggu)
Tanggal
A. Standar Kompetensi : 1. Merespon nilai-nilai kristiani yang diperhadapkan
dengan gaya hidup modern serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
(iptek0 dan menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mengidentifikasi berbagai
pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh modernisasi.
C.
Indikator : Mengidentifikasi
dan mewujudkan nilai-nilai kristiani.
D.
Tujuan
pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai diharapkan siswa mampu:
1.
Menjelaskan
pengertian gaya hidup modern.
2.
Menyebutkan
bentuk-bentuk gaya hidup modern.
3.
Menjelaskan
perubahan gaya hidup dalam masyarakat.
4.
Menyebutkan
ciri-ciri kehidupan masyarakat modern.
E.
Materi
Pokok : Gaya hidup
modern
Materi pembelajaran l:
1.
Pengertian
gaya hidup modern.
2.
Bentuk-bentuk
gaya hidup modern.
3.
Ciri-ciri
kehidupan masyarakat modern.
Referensi Alkitab:
1.
Yohanes
15:1-8
Metode Pembelajaran : a. Metode:
Ceramah, cerita, diskusi, penugasan, unjuk kerja.
b. Model pembelajaran: Learning Together
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Pendidikan/
Pengembangan karakter
|
Minggu I
|
||
1
|
Kegiatan Awal
(10 menit)
|
|
1.
Mengucapkan
salam
|
-
Religius
|
|
2.
Menyanyikan
lagu pujian
|
-
Disiplin
|
|
3.
Berdoa
bersama
|
||
4.
Presensi
|
||
5.
Apersepsi
dan pre test
|
||
6.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
||
7.
Menyampaikan
kemampuan yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran
|
||
2
|
Kegiatan Inti
(75 menit)
|
|
Eksplorasi
|
||
1.
Menyiapkan
alat-alat pembelajaran
|
-
Religious
|
|
2.
Siswa
diberi tugas untuk berdiskusi tentang gaya hidup modern
|
-
Tanggung
jawab
|
|
3.
Siswa
mengambil lembar kerja yang telah disiapkan
|
-
Rasa
ingin tahu
|
|
Elaborasi
|
-
Demokratis
|
|
1.
Siswa
mengerjakan dan melaporkan hasil lembar kerja kepada guru
|
-
Peduli
sossial
|
|
2.
Guru
menyimpulkan hasil tugas siswa dan dilanjutkan dengan penyampaian materi:
|
-
Kerja
sama
|
|
-
Pengertian
gaya hidup modern
|
||
-
Bentuk-bentuk
gaya hidup modern
|
||
-
Ciri-ciri
gaya hidup modern
|
||
Konfirmasi
|
||
1.
Guru
member kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami
|
||
2.
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan dan refleksi terhadap proses pembelajaran
|
||
3.
Siswa
menulis hasil kesimpulan
|
||
4.
Guru
member tugas PR sebagai tindak lanjut
|
||
3
|
Kegiatan Akhir
(20 Menit)
|
|
1.
Evaluasi
materi
|
-
Mandiri
|
|
2.
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
|
-
Jujur
|
|
3.
Tanya
jawab tentang materi yang belum jelas bagi siswa
|
-
Tanggung
jawab
|
|
4.
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang
|
-
Religious
|
|
5.
Doa
penutup
|
-
Disiplin
|
G.
Alat
peraga dan sumber bahan
1.
Alat
peraga:
a.
Gambar-gambar
contoh gaya hidup modern
b.
Teks
lagu pujian
2.
Sumber
bahan:
a.
Kurikulum
BNSP
b.
Alkitab
c.
Buku-buku
PAK Kelas XI yang relevan
d.
Kamus
Besar Bahasa Indonesia
e.
Modul
bahan ajar
H.
Penilaian
1.
Jenis
tagihan :
Individu dan kelompok
2.
Teknik
penilaian : Lisan,
tertulis, unjuk kerja, dan penugasan
3.
Bentuk
penilaian : Uraian,
jawaban singkat dan praktik/peragaan
4.
Contoh
instrument soal
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrument
|
1.
Mejelaskan
yang dimaksud gaya hidup
|
Individu
|
Laporan isian
|
1.
Jelaskan
yang dimaksud gaya hidup?
|
2.
Menjelaskan
yang dimasksud gaya hidup modern
|
2.
Jelaskan
yang dimaksud gaya hidup modern!
|
||
3.
Menjelaskan
bentuk-bentuk gaya hidup modern
|
3.
Jelaskan
bentuk-bentuk gaya hidup modern!
|
||
4.
Menyebutkan
bentuk-bentuk gaya hidup modern
|
4.
Sebutkan
bentuk-bentuk gaya hidup modern!
|
||
5.
Menyebutkan
ciri-ciri gaya hidup modern
|
5.
Sebutkan
ciri-ciri gaya hidup modern!
|
Skor penilaian kognitif:
Skor (isian) 2 X 5 = 10
Format criteria penilaian sikap (afektif) untuk member jaminan keajegan
prilaku.
Nilai-nilai karakter
|
Indikator
|
Belum terlihat
(D)
|
Mulai terlihat
(C)
|
Mulai berkembang
(B)
|
Mulai Kontinue
(A)
|
Disiplin
|
Tepat waktu
|
||||
Kerja sama
|
Saling membantu,
pembauran dalam kerja, pembagian tugas kerja
|
||||
Toleransi
|
Menghargai
perbedaan, kesediaan terhadap saran dan kritik
|
||||
Kreatif
|
Mampu menuangkan
imajinasinya dalam bentuk gambar
|
Format kriteria penilaian sikap (psikomotor) untuk member jaminan
keajegan prilaku.
Nilai-nilai karakter
|
Indikator
|
Belum terlihat
(D)
|
Mulai terlihat
(C)
|
Mulai berkembang
(B)
|
Mulai Kontinue
(A)
|
Sikap dalam
menilai kehidupan
|
Berdasarkan
pengajaran iman Kristen
|
||||
Sikap dalam
menjalani kehidupan di era modern
|
Memuliakan nama
Tuhan
|
,
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru,
(…….……………………………..) (…………………………………….)
Catatan:
Komentar